Kamis, 09 Oktober 2014

ini gadged


Ponsel pertama dengan platform Android One telah diluncurkan, pertama kali di India. Smartphone Android One ini harganya lumayan murah, tapi diklaim tanpa mengorbankan kualitas. Tiga vendor lokal India yaitu Micromax, Karbonn dan Spice, telah memperkenalkan smartphone Android One. Merek ponselnya adalah Spice Android One Dream UNO MI-498, Micromax Canvas A1, dan Karbonn Sparkle V.
Ketiganya punya spesifikasi identik, seperti prosesor quad core 1,3GHz MediaTek, RAM 1GB, memori internal 4GB, slot microSD, kamera 5 megapixel, kamera depan 2 megapixel dan baterai 1.700 mAh. Sedangkan layarnya 4,5 inch resolusi 854 x 480 pixel. Asyiknya lagi, sudah memakai sistem operasi terbaru Android 4.4 KitKat.

Ketiga ponsel tersebut dijual di India mulai harga USD 105 atau di kisaran Rp 1,2 juta. Sundar Pichai selaku Senior Vice President Google menyatakan Android One diciptakan agar semakin banyak orang bisa menggunakan smartphone.
Menurut Sundar, banyak vendor lokal maupun global tertarik mengembangkan smartphone berbasis platform Android One. Termasuk Acer, Asus, HTC, dan Lenovo. Bahkan di produk masa depan, akan disertakan chip dari Qualcomm. Sundar juga menjanjikan smartphone Android One akan termasuk yang paling cepat mendapatkan update OS.
Google telah meresmikan kehadiran smartphone Android One, dengan embel-embel kualitas tinggi harga terjangkau. Setelah dipasarkan pertama kali di India, Indonesia dipastikan akan mendapat giliran selanjutnya.
Sundar menilai di negara berkembang seperti Indonesia, sebagian orang masih kesulitan membeli smartphone kualitas tinggi. “Bahkan smartphone entry level masih di luar jangkauan bagi banyak orang. Ingat kalau di negara negara-negara ini pendapatan rata-rata bulanan ada di kisaran USD 250,” tulis Sundar.
Karena itu, platform Android One diciptakan oleh Google. Meski harganya berada di kisaran sejutaan rupiah, Android One diklaim punya performa tinggi.
sumber : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar